Banner

Review Film Sunan Kalijaga | Deddy Mizwar

Posted By Sapta Jayas on Wednesday, January 25, 2017 | January 25, 2017

Review Film Sunan Kalijaga | Deddy Mizwar
Deddy Mizwar | Sunan Kalijaga
Sebuah film yang di produksi di tahun 1983 dengan sutradara Sofyan Sharna yang sekaligus sebagai penulis skenario. Pemeran utama film ini adalah Deddy Mizwar ( Sunan Kalijaga ) yang juga diramaikan para pemeran lainya antara lain; W.D. Mochtar ( Sunan Ampel ), Zainal Abidin ( Sunan Bonang ), Koesno Soedjarwadi ( Sunan Kudus ), Anwar Fuadi ( Raden Fatah ), Ratno Timur ( Syech Siti Jenar ), Sunarti Rendra, Clara Sinta, Wolly Sutinah, M. Pandji Anom, H.M.E. Zainuddin, Moch. Baun Gozali, Wijaya, Idjah Bomber, Chaidar Ja'far, Soenarno H.P, dan Achmad Sumiadi. Sebagi catatan film ini menjadi salah satu film terlaris di tahun 1984, dan menurut data dari Perfin dengan jumlah sekitar 575.631 penonton.

Film ini menceritakan kisah Raden Mas Said seorang putra sulung dari Tumenggung Wilarikta di bawah kerajaan Majapahit yang berkuasa di daerah Tuban. Raden Mas Said sangat prihatin melihat keluarga yang kelaparan  di daerahnya, dan ia ingin menolong dengan mengambil makanan dari lumbumg milik orang tuanya sendiri. Tindakanya ini kemudian diketahui oleh orang tuanya, dan akhirnya mendapat hukuman dikurung di gudang makanan tersebut. Lanjut cerita Raden Mas Said telah tumbuh menjadi dewasa dan ia pun sudah sangat tidak betah untuk tinggal dirumah, akhirnya ia meninggalkan rumah dan berkelana berpindah-pindah tempat. Dari pengembaraan ini pulalah ia mengetahui banyaknya kesewenang-wenangan dari seorang lurah yang munafik, yang selalu mengkambing hitamkan Tumenggung untuk menutupi segala tindak kejahatanya. 

Sebuah laporan dari Raden Mas Said membuat ayahnya menjadi sadar, tapi kemudian malah ia dianggap sebagai sumber penyebar fitnah. Dalam sebuah pengembaraan Raden Mas Said bertemu dengan Sunan Bonang yang banyak memberikan ilmu kepadanya, setelah itu ia bertapa di sebuah pinggir kali dengan mendapatkan banyak cobaan dari bertapanya tersebut. Berkat ketabahanya tersebut ia mendapatkan sebuah kekuatan dari Illahi yang menjadikanya sebagai Wali yang kita kenal sebagai Sunan Kalijaga. Film ini telah mendapatkan beberapa nominasi penghargaan dari FFI, ingin tahu lebih menariknya film ini silahkan melihat di VCD atau DVD yang asli dan jangan beli yang bajakan.

Share this

Blog, Updated at: January 25, 2017

0 komentar:

Post a Comment

#saptajayasrecords