Banner

Review Film Drama Biografi | Gie

Posted By Sapta Jayas on Tuesday, February 28, 2017 | February 28, 2017

Soe Hok Gie | Nicholas Saputra
Gie
Sebuah film drama biografi garapan sang sutradara Riri Reza ini dirilis pada tahun 2005. Film yang diangkat dari buku yang berjudul Catatan Seorang Demonstran yang merupakan karya dari Soe Hok Gie, tetapi cerita di film ini juga ditambah dengan tokoh fiktif agar cerita lebih dramatis. Pemeran dalam film ini antara lain Nicholas Saputra, Indra Birowo, Wulan Guritno, Sita Nursanti, Lukman Sardi, Jonathan Mulia, Thomas Nawilis, Donny Alamsyah, Christian Audy, Tutie Kirana, Robby Tumewu, Surya Saputra, Gino Korompis, Happy Salma, dan para pemeran pendukung lainya. Film ini diproduseri oleh Mira Lesmana dan didistribusikan oleh  Sinemart Pictures.

Film ini mengisahkan seorang lelaki keturunan Tiong Hoa yang bernama Soe Hok Gie. Dibesarkan di keluarga yang tidak begitu kaya di Jakarta pada jaman rezim Soekarno. Sejak remaja Gie sudah berminat mengembangkan konsep idealis di sekolahnya, dia memimpikan Indonesia yang adil dan didasari oleh kebenaran yang murni. Gie tidak bertoleransi terhadap ketidak adilan yang terjadi, semangat ini kadang salah dimengertikan oleh sahabatnya yang bernama Tjin Han dan Herman. Mereka mempertanyakan untuk apa semua ini dilakukan? Gie menjawab bahwa kesadaranya untuk mendapatkan kemerdekaan sejati dan hak-hak yang dijunjung sebagaimana semestinya, ada harga harus dibayar, dan memberontak adalah caranya.

Beranjak dewasa Gie mulai kuliah di Universitas Indonesia, Gie menjalani masa kuliah dibawah rezim Soekarno dan ditandai dengan konflik antara PKI dan militer. Gie tidak suka terhadap pemerintahan Soekarno yang diktaktor dan menyebabkan hak rakyat kecil terinjak. Gie banyak mengetahui tentang tidak keadilan sosial dan korupsi dibawah pemerintahan Soekarno. Gie dan teman-temanya sering menghabiskan waktu mendaki gunung, karena Gie juga anggota dari mahasiswa pecinta alam. Setelah para mahasiswa berhasil menjatuhkan rezim Soekarno dan berganti zaman menjadi orde baru yang dipimpin Soeharto, harapan Gie kandas dan dia berada di kehidupan yang rumit, karena dia adalah seorang keturunan China.
Ingin tahu selengkapnya cerita film ini, silahkan tonton filmnya, dan bila ingin mengoleksi VCD atau DVD-nya, belilah yang asli dan pastikan bukan yang bajakan, selamat menonton.

Share this

Blog, Updated at: February 28, 2017

0 komentar:

Post a Comment

#saptajayasrecords