Banner

Penyebab Gangguan Atau Penyakit Pada Tubuh Manusia

Posted By Sapta Jayas on Tuesday, November 8, 2016 | November 08, 2016

Secara garis besar gangguan tubuh yang menyebabkan orang sakit, disebabkan karena ganguan dari luar tubuh dan ganguan dari dalam tubuh. Ganguan dari luar tubuh biasanya disebabkan karena kecelakaan, jatuh, tergores, tertusuk, terbakar, keracunan dan sebagainya. Gangguan dari luar yang mengakibatkan luka infeksi dan mudah terserang penyakit. Faktor makanan juga bisa menyebabkan gangguan.

Sedang gangguan dari dalm tubuh disebabkan karena pikiran atau emosi. Tetapi baik disebabkan karena gangguan dari dalam tubuh, gangguan itu sangat mempengaruhi peredaran darah yang menyebabkan perubahan kimiawi dalm tubuh.

Kunci utama dari kesehatan manusia adalah kelancaran peredaran darahnya yang lancar dan normal. ( Hemoglobin atau sel darah merah ) normal, gizi yang baik, peredaran darah yang lancar diseluruh tubuh maka orang akan menjadi sehat. Ketergangguan otot atau syaraf, bisa menyebabkan emosi seseorang berubah tidak normal, peredaran darahnya terganggu tidak lancar. Otot atau syaraf yang terjepit atau berubah dari posisinya semestinya juga di bagian tersebut menghambat peredaran darah menjadikan bagian yang bersangkutan mudah terserang penyakit.

Bila semua bagian organ tubuh peredaran darahnya lancar, maka insya Allah semua virus atau baksil yang mendatangkan penyakit bisa dihalau oleh sel-sel darah putih. Maka untuk mengobati suatu penyakit harus diketahui apa sebab-sebabnya terlebih dahulu, baru kemudian ditentukan cara pengobatanya. Di mana cara utama pada suatu pengobatan itu membuat peredaran darah bagian yang "terganggu" menjadi lancar.

Kita harus punya pedoman, bahwa peredaran darah adalah "hidup", kemacetan adalah "mati".  Tubuh yang aliran darahnya macet akan mati, kesehatan kita meningkat atau menurun tergantung pada kwalitas dan keadaan  darah kita.

Penyebab Gangguan Atau Penyakit Pada Tubuh Manusia
Peredaran Darah Pada Manusia
Kalau ada salah satu bagian tubuh terputus atau tergores, mengakibatkan peredaran darahnya kacau. Darah bisa mengalir terus keluar tubuh. Rasanya nyeri. Memar karena terbentur juga rasanya nyeri, karena peredaran darah di bagian tersebut terganggu. Rasa nyeri bukan penyakit, tetapi merupakan  petunjuk, bahwa ada gangguan di bagian yang bersangkutan, nyeri merupakan "alarm" minta pertolongan.

Darah yang keluar secara terus menerus sangat berbahaya bagi tubuh, karena orang akan lemah danbisa mati. Setiap sel-sel tubuh memerlukan "makanan" untuk pembaharuan sel. Dan makanan ini ada dalam darah. maka darah diperlukan sekali oleh semua sel-sel tubuh.

Sedang gangguan dari dalam pun juga bisa mempengaruhi peredaran darah. Penyebab gangguan dari dalam bisa karena cemas, marah, emosi berlebihan, sedih, pikiran kalut dan sebagainya. Sehingga energi yang diperlukan banyak sekali di otak, darah banyak dibawa ke otak. Hal ini bisa merugikan bagian-bagian tubuh lainya, khususnya perut, pencernaan akan terganggu, khususnya bila perut baru diiisi makanan. Pencernaan yang terganggu ini berakibat "sakit" dalm perut. Sedang peredaran darah di otak yang terganggu akan mengakibatkan orang "sakit kepala".

Bukankah orang yang terlalu emosi atau marah, darah banyak terkumpul di kepala? Buktinya. muka orang yang marah menjadi merah padam. Ini bisa menggangu peredaran darah di tubuh bagian bawah. Hal itu akan lebih celaka bagi orang yang pembuluh darahnya banyak endapan lemak kolesterol, sehingga menghambat jalanya darah. Pembuluh darah yang tersumbat akan pecah bagian tersebut akan menjdai lumpuh dan orang bisa mati.

Setiap pembakaran atau metabolisme di dalam darah akan menghasilkan energi atau panas dan zat sisa. Energi ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan tenaga termasuk pembaharuan sel. Zat sisa yang juga disebut asam urat ini dibawa oleh darah dan dibuang menjadi peluh dan air kencing. Bila kotoran ini tidak terbawa dan akhirnya menumpuk, mka bisa menggangu peredaran darah. Karena peredaran darah terganggu, maka bagian tersebut akan terasa sakit. Dengan menjaga kesehatan tubuh diharapkan kita memilliki tubuh yang selalu sehat dan dijauhkan dari segala penyakit. 
Share this

Blog, Updated at: November 08, 2016

0 komentar:

Post a Comment

#saptajayasrecords